Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengambil Alih Admin Grup di Facebook

Sedang mencari cara untuk mengambil alih admin di grup Facebook yang tidak ada adminnya? Simak tutorialnya hanya di artikel ini.

Menjadi seorang admin grup Facebook memang cukup menyenangkan, karena nantinya Anda akan mendapat banyak keuntungan dan tentunya berkuasa penuh untuk mengendalikan grup tersebut.

Tak hanya sekedar menambahkan dan juga mengeluarkan anggota grup saja, seorang admin juga memiliki akses untuk mengganti nama atau bahkan menghapus grup yang kita buat sendiri maupun yang dibuat orang lain.

Lantas, bagaimana jika dalam sebuah grup tidak ada adminnya? Apakah anggota grup bisa menjadi seorang admin?

Tentu saja bisa, anggota grup memang bisa saja merebut atau menjadi admin grup Facebook walau tanpa persetujuan dari admin sebelumnya.

Cara Menjadi Admin Grup Facebook Tanpa Persetujuan

Saat ini memang ada banyak sekali orang yang membuat grup Facebook untuk tujuan dan kepentingan yang berbeda.

Bahkan tak jarang ada grup Facebook yang berstatus tertutup agar tidak sembarang orang bisa masuk atau melihat postingan yang ada di grup tersebut.

Semua kebijakan tersebut tentu dibuat oleh seorang admin untuk mengelola grup agar lebih rapi dan terkordinasi dengan baik.

Seperti yang sudah Saya singgung diatas bahwa anggota grup bisa menjadi seorang admin tanpa persetujuan, namun dengan catatan admin grup sebelumnya sudah lama tidak aktif dalam mengurus grup atau bahkan sudah meninggalkan grup tersebut.

Nah, ada setidaknya 4 cara yang bisa Anda coba untuk menjadi admin grup Facebook tanpa persetujuan. Jika penasaran, Anda bisa langsung simak berikut ini.

1). Sering Aktif Dalam Grup Facebook

Metode pertama yang bisa Anda coba untuk menjadi admin grup yang tidak ada adminnya adalah dengan sering aktif berinteraksi dengan anggota grup lainnya.

Entah itu mengunggah postingan, mengomentari postingan member lain atau hanya sekedar melihat halaman grup Facebook.

Dengan begitu, nantinya Facebook akan mendeteksi Anda sebagai salah satu anggota grup yang cukup aktif dan berpeluang untuk menjadi seorang admin.

2). Memiliki Pengaruh Besar Dalam Grup Facebook

Sebenarnya hampir mirip dengan metode yang pertama, hanya saja kali ini Anda perlu melakukan beberapa hal yang cukup berpengaruh untuk perkembangan grup.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan Anda berkontribusi dalam grup yaitu dengan melaporkan postingan yang melanggar aturan admin maupun pedoman Facebook.

Mungkin langkah tersebut akan menjadi senjata yang cukup ampuh untuk mendapatkan tawaran menjadi admin dari pihak Facebook.

3). Melihat Tawaran Menjadi Admin Grup Facebook

Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah sebelumnya dan melakukannya dengan rutin, maka bukan tidak mungkin Anda mendapatkan tawaran untuk menjadi admin.

Untuk mengetahui Anda sudah mendapatkan tawaran tersebut atau belum, Anda bisa melihatnya pada menu info grup atau pada notifikasi Facebook.

Apabila Anda sudah mendapatkan tombol tersebut, silahkan segera klaim karena mungkin ada beberapa anggota grup juga mendapatkan tawaran tersebut.

4). Menggunakan Aplikasi Toolkit

Metode terakhir yang bisa gunakan untuk menjadi admin grup Facebook tanpa persetujuan yaitu menggunakan aplikasi Toolkit.

Penggunaannya cukup mudah, namun sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan pada browser Google Chrome versi dekstop karena tools ini berbentuk ekstensi.

Sehingga mau tidak mau Anda harus menggunakan pc atau laptop agar ekstensi tersebut bisa terpasang di Google Chrome.

Untuk caranya, Anda hanya tinggal mencari grup Facebook yang kosong (tidak ada adminnya) lalu akan muncul notifikasi Claim As Admin. Silahkan klik tombol tersebut dan Anda bisa langsung menjadi admin grup Facebook tersebut.

Keuntungan Menjadi Admin Grup Facebook

Bagi sebagian orang menjadi admin grup mungkin merupakan sebuah hal yang cukup merepotkan karena harus mengurus berbagai hal untuk mengembangkan grup.

Namun siapa sangka ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi admin apalagi jika grup tersebut merupakan grup bisnis.

Adapun keuntungannya antara lain:
  • Memiliki peluang untuk memasang iklan produk atau jasa di grup Facebook.
  • Semakin banyak anggota grup maka semakin luas jangkauan konsumen.
  • Memiliki akses untuk mengubah status grup menjadi berbayar.
  • Mendapatkan uang ketika ada member baru yang masuk.
Sebenarnya tidak semua grup Facebook bisa menghasilkan uang, hanya beberapa jenis grup saja seperti grup Facebook Marketing, Parenting, Cooking dan lain sebagainya.


Nah, jadi begitulah pembahasan Saya kali ini mengenai cara mengambil alih admin grup Facebook.