Cara Mengatasi Kucing Birahi Dengan Mudah - Disosmed
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kucing Birahi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Kucing Birahi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Kucing Birahi Dengan Mudah - Kucing memang dikenal sebagai hewan yang paling produktif. Sehingga tidak jarang jika kucing peliharaan mengalami birahi. Birahi pada kucing memang ada siklusnya, tetapi terkadang juga terjadi begitu saja tanpa ada tanda-tanda tertentu. Kucing yang mengalami birahi akan cenderung mengeong terus, hingga membuat pemilik merasa risih karena berisik.

Banyak pemilik yang merasa susah dan gelisah saat kucing peliharaannya mengalami birahi. Karena pemilik merasa terganggu dengan suara kucing birahi yang tidak ada hentinya, banyak juga yang melakukan hal konyol seperti memberikan air perasaan jeruk nipis. Hal ini dilakukan agar kucing tidak berisik karena merasa keasaman.

Namun, hal itu jangan sampai dilakukan lagi. Sebab, buah jeruk pantang bagi kucing apapun jenis jeruk tersebut jauhkan dari jangkauan kucing. Memang benar saat birahi kucing sangat berisik, mengeong kesana kemari. Dan berlari-larian tanpa henti. Terkadang juga menunjukkan tindakan yang vulgar yaitu menundukkan kepalanya dan mengangkat pantatnya.

Dilansir dari jendelapet.com, perilaku tersebut hanya dilakukan oleh kucing betina saja. Sedangkan pada kucing jantan hanya berguling-guling di lantai. Apabila anda tidak ingin terganggu dengan suara kucing birahi. Sebaiknya anda harus mengetahui cara mengatasi kucing birahi dengan baik dan benar. Kucing birahi adalah kondisi yang wajar dialami, karena kucing akan mengalami birahi 1 kali selama 3 sampai 4 minggu.

Kucing akan sering mengalami birahi diakhir masak kanak-kanak, dan mulai tumbuh remaja atau dewasa. Oleh sebab itu, kami akan membahas cara mengatasi kucing birahi dengan mudah. Semoga saja dapat membantu anda yang mengalami masalah kucing birahi saat ini, simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Kucing Birahi Dengan Mudah dan Cepat

Lebih sering mengajak bermain kucing

Untuk mencegah kucing mengalami birahi, sebaiknya anda perlu mengajaknya lebih aktif bermain. Cobalah untuk membeli beberapa mainan kucing dan berikan mainan yang paling disukai kucing. Mainan tersebut harus dapat memenangkan perhatian kucing, karena kucing sangat mudah dialihkan perhatiannya.

Menggunakan obat penenang

Ketika kucing birahi mulai berisik dan anda ingin menenangkannya. Cobalah untuk memberikan obat penenang untuk kucing yang sedang birahi. Obat tersebut bisa anda dapatkan di toko hewan, biasanya pemilik kucing memilih merek silent atau beberapa merek lainnya. Untuk merek sesuaikan saja dengan selera anda.

Mensterilkan kucing peliharaan

Jika kucing sudah dalam puncak birahinya, mereka sangat menginginkan nafsunya terpuaskan dengan cara kawin. Namun, apabila anda tidak siap menambah peliharaan cara yang harus anda lakukan yaitu melakukan proses sterilisasi pada kucing.

Cara ini dilakukan untuk membuat kucing betina menjadi mandul karena rahimnya terangkat. Sedangkan untuk kucing jantan, akan lebih aktif dan tidak birahi lagi.

Memasukkan kucing dalam ruangan khusus

Saat kucing mengalami birahi, masukkan dalam ruangan khusus. Maka dapat dipastikan kucing akan bisa melewati masa birahinya tanpa kawin dengan kucing lain. Karena pada saat kucing betina mengalami birahi, akan mengeluarkan aroma yang khas untuk menarik kucing jantan.

Sehingga saat kucing jantan mencium aromanya akan menjadi ikut birahi. Hal inilah yang mempermudah mereka untuk segera kawin, dengan Cara Mencegah Flutd Pada Kucing.

Membersihkan tempat BAB kucing dengan rutin

Kucing memang suka menandai wilayah atau daerah kekuasannya menggunakan kotoran dan air kencingnya sendiri. Karena hal ini bertujuan untuk memberitahu kucing lain bahwa tempat tersebut adalah kawasannya. Supaya tidak mendekati wilayahnya, kucing memberikan tanda dengan air kencing dan kotorannya.

Penutup

Itulah ulasan tentang cara mengatasi kucing birahi dengan mudah. Sangat simpel sekali kan cara mengatasinya. Namun, jika anda ingin menambah peliharaan baru bisa juga untuk mengawinkan kucing anda dengan kucing lainnya. Saat kucing birahi, usahakan jangan sampai keluar rumah.