Cara Merawat Cendet Salto Dengan Tepat - Disosmed
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Cendet Salto Dengan Tepat

Cara Merawat Cendet Salto Dengan Tepat

Cara Merawat Cendet Salto - Halo kicau mania! Burung cendet merupakan salah satu jenis burung kicau yang mempunyai suara kicauan merdu dan menarik. Suara kicauan burung kacer sangat khas dan bervariasi. Burung kacer sampai sekarang masih menjadi incaran para kicau mania untuk dijadikan bahan lomba. Oleh sebab, itu pasaran burung kicau banyak yang menjual burung cendet berbagai jenis.

Dalam hal ini tentu saja sangat menguntungkan apabila dijadikan bahan usaha. Banyak kicau mania yang akan mendatangi penangkaran burung kacer. Di penangkaran pasti banyak jenis kacer dengan mental yang sudah prospek dan siap lomba. Hanya mmebutuhkan pelatihan dan perawatan yang tepat untuk mencetaknya agar lebih berkualitas.

Dilansir dari situs bangparid.com, burung cendet di kenal memiliki suara merdu dan mental yang kuat. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa burung cendet adalah burung fighter. Cendet jarang sekali didekatkan dengan jenis burung kicau lain. Sebab, mentalnya yang terlalu kuat daoat memberikan dampak buruk untuk burung kicau lainnya. Mental yang didapatkan burung kacer memang sudah ada sejak trotol.

Apalagi burung kacer jenis kelamin jantan, naluri fighternya akan lebih kuat dan garang. Sehingga saat bertemu lawan, hanya mendengarkan suaranya saja sudah ingin menyerang. Itulah kelebihan yang di miliki burung cendet. Sisi lain dibalik kelebihan yang dimilikinya,cendet sering kali bersikap buruk. Bahkan sampai salto di depan banyak orang.

Kebiasaan salto ini sangat di benci pemiliknya, sebab burung cendet peliharaan bisa macet bunyi. Burung cendet yang salto atau mogok bunyi adalah tanda cendet sedang stres. Oleh sebab itu perlu penanganan yang tepat, agar kembali seperti semula.

Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

1. Perawatan Full Kerodong

Burung cendet memang sering mengalami salto, kasus ini memang sangat meresahkan pemiliknya. Cara pertama untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan perawatan full kerodong pada burung cendet. Tujuan full kerodong tersebut agar burung cendet tidak semakin parah serta burung cendet bisa lebih tenang.

Untuk metode full kerodong tersebut dapat dilakukan dengan waktu yang tidak menentu. Karena anda harus melihat keadaan burung cendet, jika burung cendet sudah mengalami perkembangan. Maka pengrodongan boleh dilakukan saat malam hari saja.

2. Melakukan Terapi Air Mengalir

Untuk mengatasi burung cendet salto, bisa menggunakan terapi suara air mengalir. Suara air tersebut bisa anda perdengarkan pada burung cendet dengan volume yang jelas dan pelan. Terapi yang saya jelaskan ini bisa anda terapkan selama 24 jam.

3. Terapi Mandi Malam

Banyak kicau mania yang ingin mengembalikan mental burung cendet atau mengatasi burung cendet stres dengan mandi malam. Mandi malam tersebut sering dikenal dengan terapi. Terapi mandi malam memiliki banyak manfaat untuk burung cendet.

Namun, jika untuk memandikan burung kacer stres jangan menggunakan keramba. Labih baik anda menggunakan metode semprot seperti di setel embun. Dan jaraknya jangan sampai dekat dengan burung. Jika terlalu dekat dikhawatirkan burung cendet akan merasa ketakutan.

Sehingga burung cendet akan mengalami trauma. Jika burung cendet sudah dimandikan boleh diangin-anginkan terlebih dahulu selama 10 menit. Selanjutnya cendet harus dikerodong dan dimasukkan dalam rumah.

4. Terapi Lapar

Jika salto pada cendet berkurang, anda bisa menggunakan terapi lapar. Saat kain kerodong dibuka burung cendet akan meminta jangkriknya. Namun jangan langsung diberikan, anda harus bisa menggoda sampai burung cendet mau mengejar jangkrik tersebut.

Setelah itu berikan jangkriknya. Terapi lapar diklaim mampu menurunkan emosi salto pada cendet. Burung cendet akan menjadi jinak, terapi lapar sangat cocok untuk burung cendet yang stres atau mengalami trauma.

5. Rutin Diembun

Pengembunan juga sangat ampuh untuk mengatasi cendet yang stres salto. Pengembunan ini bisa dilakukan saat pagi hari sebelum matahari terbit. Sekitar jam 04.00 sampai jam 05.00. Jika burung cendet yang di umbar tanpa menggunakan kerodong dan dalam jangka waktu lama, dapat memperparah kondisi saltonya.

Meskipun dikenal metode pengembunan dikenal kurang efektif untuk cara mengatasi cendet salto, tapi sangat cocok untuk cendet yang kurang gacor.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan terbaru tentang cara merawat cendet salto. Penjelasan diatas sesuai dengan pengalaman saya. Jadi, perawatan diatas bisa anda terapkan untuk burung cendet dirumah. Dengan melakukannya secara teratur dan konsisten, maka hasilnya akan memuaskan.