Rekomendasi Olahan Camilan Dari Tepung Aci Khas Sunda - Disosmed
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Olahan Camilan Dari Tepung Aci Khas Sunda

Olahan Camilan Dari Tepung Aci

Olahan Camilan Dari Tepung Aci - Tepung tapioka adalah tepung yang berasal dari pati singkong. Jadi, pati singkong tersbeut dijemur dibawah sinar matahari hingga kering. Jika anda tidak mengetahui pati singkong akan kami jelaskan disini. Pati singkong itu merupakan hasil dari perasaan parutan singkong. Parutan singkong yang diberi air kemudian di peras akan menghasilkan sari-sari berwarna putih.

Apabila sari-sari itu anda biarkan di ruangan terbuka maka dalam 2 jam pati singkong sudah mengendap di dasar wadah. Dengan tekstur seperti tepung yang lembut dan halus, kemudian di keringkan. Jika tepung tapioka di olah menjadi makanan atau di larutkan dalam air, teksturnya akan lengket dan padat.

Karena itulah tepung ini sering dijadikan bahan jajanan. Bahkan sekarang ini jajanan dari olahan tepung tapioka sangatlah banyak sekali. Jajanan khas sunda atau bandung memang identik dengan peracian. Mulai dari bakso, gorengan, bahkan mie pedas pun menggunakan tepung aci. Meksipun dari tepung-tepungnya, banyak juga yang menyukainya.

Dan biasanya makanan tersebut dijual di depan sekolah atau di pinggir jalan. Banyak sekali olahan jajanan khas sunda yang bisa anda coba di rumah. Dibawah ini akan kami rekomendasikan beberapa makanan dari tepung aci atau tapioka. Jika anda penasaran dengan jajanannya, simak pembahasan lengkapnya hanya di timkuliner.com.

Olahan Camilan Berbahan Dasar Aci

1. Cimol (Aci Digemol)

Siapa yang tidak tahu cimol? Makanan yang satu ini sempat viral di sosial media terutama tiktok. Banyak sekali para food vlogger yang membagikan resep pembuatan cimol anti meledak. Bahkan salah satu food vlogger youtube juga membagikan resep-resep cimol anti gendut khusus bagi anda yang sedang diet tapi bisa makan enak.

Karena viralnya, jajanan cimol menjadi kesukaan banyak orang terutama anak kecil. Dan sekarang ini banyak sekali pedagang di luar kota Bandung yang menjual makanan serupa. Cimol adalah aci digemol yang proses masaknya dengan di goreng. Bentuknya bulat dan cara makannya bisanya ditaburi bumbu-bumbu lengkap seperti balado atau bubuk cabe.

2. Cipuk (Aci Kerupuk)

Selanjutnya adalah Cipuk, makanan yang satu ini sempat viral beberapa bulan lalu di tiktok. Banyak sekali yang mencoba membuat cipuk tersebut. Karena bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak, akhirnya orang-orang pada tetarik membutanya sendiri dirumah. Cipuk jarang dijual di daerah luar Bandung, karena makanan peracian memang banyak di temukan di bandung saja.

Selain menjadi jajanan anak sd, cipuk juga merupakan makanan khas garut jawa barat. Cipuk dipilih menjadi oleh-oleh khas garut. Cipuk atau aci kerupuk terbuat dari krecek krupuk mentah yang di siram air panas. Tidak menunggu perlu sampai lembek, selanjutnya ditambahkan tepung tapioka lalu di siram air panas. Kemudian di kepal-kepal dan di goreng dalam minyak panas.

3. Cilor (Aci Telor)

Cilor merupakan makanan peracian dari garut atau bandung. Makanan yang satu ini dibuat dengan campuran tepung aci dan telur. Banyak yang mengkreasikan makanan tersebut. Di berbagai daerah yang memaskanya menggunakan cetakan bulat. Tapi di bandung sendiri, cilor dimasak dengan teflon kecil. Kemudian diatasnya di taburi bumbu-bumbu sesuai keinginan pembeli dan di gulung dengan tusuk sate.

4. Cilok (Aci Dicolok)

Cilok hampir sama dengan cireng dalam pembuatannya. Jika cireng berbentuk pipih dan di goreng sedangkan cilok pengolahannya di rebus seperti bakso atau pentol. Biasanya penjual cilok menambahkan saus kacang pedas sebagai pelengkap.

Cilok sangat enak sekali, teksturnya yang kenyal dan padat. Di tambah isian daging di dalamnya membuat rasanya semakin enak. Cilok bisa anda temukan di berbagai daerah, karena penjual cilok semakin banyak sekarang ini.

5. Cireng (Aci Digoreng)

Cireng yang berasal dari singkatan aci digoreng adalah makanan enak khas bandung. Makanan yang satu ini terbuat dari adonan tepung tapioka yang di masak bersama bawang putih cincang. Di aduk hingga tepung berubah mengental dan bening.

Selanjutnya di masukkan ke dalam wadah dan di taburi tepung tapioka kering. Ambil satu persatu adonan kemudian di pipihkan. Jika sudah cireng harus di goreng dengan minyak panas. Penyajian cireng ini dilengkapi dengan sambal rujak yang manis, pedas dan gurih.

Penutup

Bagaimana, sangat banyak sekali kan jajanan kekinian dari bandung hasil olahan tepung tapioka? Makanan tersebut memang sangat enak sekali, meskipun berkalori tinggi tapi sangat cocok untuk jajanan ketika berjalan-jalan ke kota bandung. Jika anda ingin membuatnya dirumah juga tidak masalah, karena bahan yang sederhana tentu saja anda bisa membuatnya.