Simak Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater - Disosmed
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater

Simak Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater  - Di era digitalisasi seperti sekarang ini, penawaran kemudahan bertransaksi saat berbelanja sangatlah mudah ditemukan. Salah satu misalnya ialah kehadiran ShopeePayLater. Tetapi, Apa saja kekurangan dan keunggulannya?

ShopeePayLater adalah metode pembayaran yang dapat dipakai saat Anda akan bertransaksi online di platform Shopee.

Seperti namanya, metode pembayaran ini mempermudah pembeli agar bisa melakukan transaksi dengan sistem pembayaran non muka. ShopeePayLater datang dalam pilihan pembayaran yang cukup bervariatif, antara lain:

  • Beli Sekarang, Bayar Nanti (pembayaran pada bulan berikutnya)

  • Cicilan 12X

  • Cicilan 6X; dan

  • Cicilan 3X

Disamping itu, ada banyak kemudahan lain yang ditawarkan, berikut kekurangan dan kelebihan gunakan ShopeePayLater mengutip dari Contekan.net dan beragam sumber terpercaya.

Kelebihan Menggunakan ShopeePayLater

1. Memiliki Fitur Cicilan Sampai 12X

Fitur Cicil sampai 12 kali dirasa jadi daya tarik utama metode pembayaran ShopeePayLater. Pasalnya , bila kita melihat beberapa waktu belakangan, fasilitas kredit online hanya bisa dinikmati oleh beberapa pengguna kartu kredit saja, sebelum itu anda harus mengetahui Cara Mengaktifkan Shopee PayLater.

2. Suku Bunga Relatif Ringan

ShopeePayLater mematok suku bunga sebesar 2,95 %. Beberapa pengguna nantinya akan dibebankan bunga senilai 2,95 % dari bill keseluruhan pembayaran. Sebagai contoh, Jika Anda melakukan transaksi pembelian senilai Rp50.000 lewat pilihan tenor "Beli Sekarang, Bayar Nanti", karena itu bunga yang perlu dibayar cuma Rp1.450.

3. Biaya Penanganan Sangat Rendah

Selain membayar suku bunga, setiap transaksi pembelian kredit di Shopee akan dikenai biaya penangan. Setiap transaksi memakai metode pembayaran ShopeePayLater akan dikenai biaya pengatasan senilai 1 %. Sebagai contoh kembali, jika Anda melakukan transaksi pembelian senilai Rp50.000, maka biaya penanganan yang perlu dibayar ialah Rp500.

4. Bisa Memilih Tanggal Jatuh Tempo

Saat akan mengajukan kredit, umumnya pihak bank akan secara sepihak menentukan sistem jatuh tempo. Tetapi, berbeda hal dengan ShopeePayLater, mereka akan memberikan opsi untuk beberapa penggunannya untuk menentukan tanggal jatuh tempo. Setelah melakukan pengaktifan sebelumnya, para pengguna bisa memilih 2 opsi tanggal jatuh tempo, yaitu di tanggal 5 atau tanggal 11 setiap bulannya.

Kekurangan ShopeePayLater

1. Memiliki Biaya Keterlambatan yang Tinggi

Bila sebelumnya persentase di antara bunga dan biaya penanganan yang cenderung ringan, hal serupa tidak ditemukan dalam biaya denda keterlambatan. Persentase biaya denda keterlambatan menembus sampai 5 %. Sehingga, jika Anda melakukan transaksi senilai Rp. 300.000 dan terlambat membayar, Anda akan dibebankan denda sebesar Rp15.000.

2. Hanya Bisa Dipakai di Shopee

Persis seperti namanya, penggunaan ShopeePayLater hanya bisa dipakai untuk melakukan transaksi pembayaran di Shopee saja dan tidak bisa dipakai di aplikasi lain. Sehingga meski secara fungsi tidak kalah dengan kartu kredit, keleluasaan penggunaanya tidak sebesar kartu kredit.

3. Resiko Kebiasaan Hidup Boros

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan, bisa menimbulkan perasaan suka untuk para penggunannya. bila tidak dipakai secara bijak kedatangan ShopeePayLater malah bisa berubah menjadi boomerang. Sehingga penting untuk beberapa pengguna untuk selalu memerhatikan skala prioritas dari sebuah barang sebelum membeli.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini terkait kelebihan dan kekurangan shoopepaylater yang perlu anda tahu, Semoga artikel ini bermanfaat!.