Olahan Makanan Dari Kedelai, Cocok Untuk Hidangan Keluarga - Disosmed
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahan Makanan Dari Kedelai, Cocok Untuk Hidangan Keluarga

Olahan Makanan Dari Kedelai

Olahan Makanan Dari Kedelai - Kedelai mengandung nutrisi tinggi untuk daya tahan tubuh. Bahkan kandungan gizinya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein. Kedelai juga mengandung protein nabatai yang banyak. Jika dikonsumsi setiap hari akan memberikan dampak yang baik untuk tubuh anda.

Apalagi kacang kedelai selalu dikonsumsi masyarakat indonesia, selain itu kacang kedelai sering selalu diolah menjadi makanan lezat. Makanan dari kacang kedelai adalah tempe, tahu, susu kedelai, dan masih banyak lagi. Olahan makanan dari kedelai memang sangat menyehatkan tubuh. Oleh sebab itu tempe menjadi makanan favorit anak-anak indonesia.

Selain dijadikan bahan tempa atau tahu, ternyata kedelai juga bisa di olah menjadi makanan lezat dan enak. Jika anda penasaran dengan makanan dari olahan kacang kedelai, bisa simak pembahasan kami dibawah ini.

Dengan merekomendasikan produk pangan berbahan dasar kedelai dari timkuliner, akan membantu anda membuat makanan lezat yang belum pernah dicoba. Jadi, simak penjelasannya sampai selesai ya.

Cara Membuat Makanan Dari Olahan Kedelai

1. Oncom

Apakah anda pernah melihat bahan makanan seperti tempe tapi berwarna kuning, berjamur dan tetap dijual oleh pedagang tempe? Bahan makanan itu disebut dengan oncom. Mungkin keberadaan oncom tidak sepopuler tahu dan tempe, tapi oncom mengandung nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan tahu dan tempe.

Selain itu harganya juga lumayan terjangkau, oncom bisa diolah menjadi berbagai menu masakan sederhana seperti sayur lodeh, sayur tumisan, pepes, keripik oncom dan sebagainya.

2. Tauco

Taoco adalah makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai dan sering dijadikan penyedap masakan. Rasanya cenderung asam, namun saat dicampurkan dengan kuah santan rasanya menjadi sangat gurih. Jenis kedelai yang digunakan untuk pembuatan tauco adalah kedelai kuning. Tauco bisa dibuat menjadi masakan yang lezat, bahkan rasanya bisa lebih enak dibandingkan tempe dan tahu. Tapi tauco jarang sekali di temukan di pasaran.

3. Kembang Tahu

Kembang tahu bisa disebut sebagai minuman atau makanan. Sebab makanan yang satu ini bisa di makan dan diminum, tapi kebanyakan dimakan. Kembang tahu hampir sama pembuatannya seperti susu kedelai. Caranya sangat mudah sekali, anda tinggal menghaluskan kedelai yang sudah di rendam dan di rebus hingga empuk.

Setelah itu saring menggunakan kain yang bersih dan peras sampai sari-sarinya keluar. Jika sudah selesai anda bisa melanjutkan dengan memaskanya sambil tambahkan bubuk agar-agar putih tanpa rasa. Tambahkan juga gula, masak sampai mendidih. Diamkan hingga mengeras dan berbentuk jelly. Sajikan kembang tahu menggunakan kuah jahe.

4. Tofu

Tofu adalah bahan makanan yang hampir mirip seperti tahu. Namun teksturnya berbeda juah, jika tahu lebih keras dan padat. Sedangkan tofu lebih mudah hancur dan sulit meresap pada bumbu atau kaldu. Tofu terbuat dari sari kedelai yang dipadatkan bersama nigari.

Tofu sudah banyak menyebar di indonesia. Sehingga bahan makanan tersebut sering menjadi olahan makanan lezat, seperti tumis tofu kecap dan sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa bahan makanan yang terbuat dari kedelai. Mengonsumsi kedelai sangat bagus untuk menambah protein dalam tubuh, karena kedelai mengandung protein nabati yang banyak. Jika anda sedang menjalankan program diet, mengonsumsi makanan dari kedelai bisa menjadi rekomendasi menu makan anda. Selain memiliki kalori kecil, jangan khawatir berat badan anda naik.