Cara Merawat Burung Murai Batu Lomba Agar Tampil Maksimal - Disosmed
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Burung Murai Batu Lomba Agar Tampil Maksimal

Cara Merawat Burung Murai Batu Lomba

Cara Merawat Burung Murai Batu Lomba  - Burung murai batu memang menjadi salah satu burung kicau yang sering dilombakan. Bukan tanpa alasan, memiliki fisik yang cantik dan menawan membuat burung kicau satu ini selalu dikagumi banyak penggemar burung kicau. Selain itu, suaranya yang lantang dan unik menjadikan burung murai batu jawara dalam kontes.

Burung murai batu memang memiliki kualitas yang bagus dan luar biasa. Oleh sebab itu, burung murai batu di jual dengan harga yang cukup mahal di pasaran. Meskipun begitu, masih banyak peminatnya dan membuat stok di pasaran habis terjual. Hal ini dikarenakan harga yang diberikan sebanding dengan kualitasnya.

Namun, jika anda tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli murai batu dewasa. Anda bisa membeli murai batu trotol yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dewasa. Selain itu, anda bisa memeliharanya secara kecil hingga menjadi murai batu dewasa yang prospek. Lalu, bagaimana cara merawat burung murai batu lomba?

Perawatan Harian Murai Batu Lomba

  1. Perawatan burung murai batu yang pertama yaitu melakukan pengembunan saat shubuh. Pengembunan harus di lakukan sekitar pukul 4 atau 5 pagi. Letakkanlah burung murai batu anda di luar agar mendapatkan embun pagi. Boleh anda gantung di bawah pohon. Lakukan pengembunan dengan durasi 30 menit.
  2. Selanjutnya memandikan burung murai batu setiap pagi, memandikan dapat dilakukan setelah melakukan pengembunan sekitar pukul 6 hingga 7 pagi. Karena burung murai batu tidak suka di semprot air. Mandikan saja burung dalam keramba.
  3. Memberikan pakan yang bergizi dan vitamin untuk murai batu. Hal ini bertujuan agar kesehatannya cukup terjaga. Anda bisa memberikan pakan berupa serangga seperti jangkrik dan kroto.
  4. Jika sudah dimandikan dan di beri makan, selanjutnya penjemuran. Pastikan anda menjemur burung murai batu di bawah pukul 10.00 pagi supaya tidak terlalu panas untuk burung murai batu.
  5. Biarkan burung murai batu bebas di dalam kendang umbaran yang nantinya akan memberi efek positif pada murai batu.
  6. Jika sudah puas terbang bebas dalam kendang umbaran. Masukkan kembali dalam sangkar. Lalu, berikanlah audio mp3 untuk masteran dengan volume yang sedang. Pastikan anda membawa burung murai di tempat yang sepi.
  7. Memandikan murai batu di sore hari, hal ini berlaku jika murai suka dimandikan. Jika tidak suka mandi, maka cukup mandikan ketika pagi saja.

Akhir Kata

Jadi, kesimpulan yang dapat diambil dari cara merawat burung murai batu lomba diatas adalah jika menginginkan murai batu yang prospek. Perawatan burung yang diberikan juga harus maksimal dan konsisten. Dengan begitu burung murai batu akan memiliki kesehatan yang baik dan mental yang kuat. Demikian itulah pembahasan kami pada hari ini, sekian terima kasih.